Contoh Keyakinan Kelas di Sekolah beserta Cara Membuatnya yang Efektif

Contoh Keyakinan Kelas di Sekolah beserta Cara Membuatnya yang Efektif

 

Tentang Keyakinan Kelas

Keyakinan kelas merupakan sebuah nilai-nilai kebajikan universal, yang telah disepakati secara tersirat dan tersurat, lepas dari adanya latar belakang suku, negara, budaya maupun juga agama.

Keyakinan kelas dibuat secara bersama-sama dengan seluruh siswa, yang mempunyai nilai-nilai kebajikan yang dapat dipercaya.

Keyakinan kelas merupakan salah satu disiplin positif, yang dapat untuk diterapkan dalam membangun budaya positif di lingkungan sekolah.

Dengan adanya sebuah keyakinan kelas dalam setiap kelas, diharapkan mampu mewujudkan tujuan dari pendidikan yang lebih berorientasi kepada Profil Pelajar Pancasila.

 

Keyakinan kelas juga diterapkan sebagai salah satu cara, dalam upaya membangun Budaya Positif.

Keyakinan kelas haruslah berpihak kepada murid, dan dirumuskan bersama dengan murid demi membangun kemandirian mereka.

Guru hanyalah sebagai fasilitator di dalam hal ini. Keyakinan kelas dibuat dengan secara universal, yang mencakup berbagai macam aspek kesepakatan ataupun aturan, yang telah berlaku di dalam ruang kelas tersebut.

Budaya positif sekolah harus disusun secara terstruktur dan juga sistematis, dengan melibatkan seluruh bagian stakeholder sekolah.

Budaya positif di sekolah ini, dibuat untuk dapat meningkatkan karakter pada sumber daya manusia yang terdapat di sekolah tersebut.

Keyakinan kelas yang akan dibuat, hendaknya benar-benar bersumber pada kebutuhan para siswa dalam upaya membentuk budaya positif.

Menggali segala hal dengan potensi positif, untuk dijadikan sebagai landasan keyakinan kelas dan benar-benar secara sadar diyakini bersama.

Kalimat yang digunakan pun juga berupa kalimat universal dan positif, yang dapat dengan mudah untuk diingat oleh para siswa.

 

Tujuan dari Penerapan Keyakinan Kelas

  • Mewujudkan Merdeka belajar pada anak, dan anak akan diberi kebebasan untuk mengemukakan pendapat tentang keyakinan-keyakinan kelas apa saja yang mereka inginkan serta menuangkan ide, pendapat dan juga gagasan mereka secara terbuka serta demokratis.
  • Mewujudkan disiplin positif kepada anak, yang kemudian akan menjadi budaya positif dimana anak dapat menjalankan keyakinan kelas, yang telah disepakati bersama dengan kesadaran diri dan tanpa adanya tekanan.
  • Membentuk karakter yang positif pada anak melewati kebiasaan-kebiasaan positif, perilaku positif, serta keteladanan dari seluruh warga sekolah (Guru dan murid).
  • Menumbuhkan adanya semangat belajar kepada anak
 

Contoh Keyakinan Kelas di Sekolah

Contoh Keyakinan Kelas

Disiplin

Dari yang telah dikemukakan, murid-murid memang menginginkan adanya disiplin waktu atau ketepatan waktu.

Tidak terlambat untuk datang, disiplin dalam berseragam, serta disiplin dalam melaksanakan suatu tugas atau kegiatan kelas

Saling menghormati dan menyayangi

Anak-anak juga menginginkan untuk dapat menjaga kerukunan, menghormati guru dan saling menyayangi antar teman.

Juga menyayangi semua guru, bekerjasama terhadap teman, saling menghargai dan membiasakan untuk sapa, senyum, salam, sopan, dan santun.

Mandiri

Anak-anak menyepakati untuk dapat membiasakan sikap yang mandiri.

Contohnya tidak ditunggu orang tua di kelas, mampu untuk makan sendiri, serta melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya secara mandiri.

Bertanggung jawab

Anak-anak menyepakati untuk dapat membiasakan sikap yang tanggung jawab, di antaranya yakni merapikan mainan/buku/alat serta barang-barang lainnya sesudah digunakan.

Anak-anak juga menyepakati untuk dapat bertanggung jawab, dalam melaksanakan segala kegiatan-kegiatan baik itu kegiatan belajar maupun kegiatan-kegiatan lainnya dikelas.

Menjaga Kebersihan

Anak-anak menyepakati untuk dapat saling menjaga kebersihan diri, kelas serta lingkungan, supaya tercipta suasana yang nyaman dan lingkungan menjadi sehat.

 

Cara Membuat Keyakinan Kelas

1. Siswa Menulis Keyakinan yang Mereka Inginkan

Guru bisa mengajak siswanya untuk menuliskan keyakinan ataupun pertanyaan universal yang mereka inginkan, selama masa proses pembelajaran dalam satu semester ke depan.

Hal ini penting untuk dapat menampung keinginan dari siswa, supaya lebih semangat lagi dalam belajar.

2. Guru dan Siswa Mengulas Keyakinan yang Telah Tertulis

Sesudah keinginan dari siswa tertampung, proses untuk merumuskan keyakinan kelas bisa dilanjutkan dengan cara mengulas keyakinan kelas.

3. Guru dan Siswa Memilah Keyakinan Kelas yang Penting

Tahap yang selanjutnya yaitu memilah berbagai keyakinan kelas yang penting. Jadi, bila terdapat pernyataan yang sejenis, dapat diambil salah satu yang paling universal.

4. Mengubah Keyakinan Kelas Menjadi Kalimat Positif

Kemudian, proses untuk merumuskan keyakinan kelas dengan lanjut ke tahap untuk mengubah keyakinan kelas yang sudah ada, demi menjadi kalimat yang positif.

5. Mengecek dan Menyepakati Keyakinan Kelas

Tahap yang terakhir yaitu mengecek kembali keyakinan kelas serta menyepakatinya.

Tujuannya yakni supaya tidak ada keyakinan kelas yang rancu, dan semua pihak di kelas (siswa serta guru) bisa memegang tanggung jawab atas keyakinan kelas dengan baik.

Tolak Ukur Keberhasilan Keyakinan Kelas

  • Terciptanya merdeka belajar bagi anak (dengan bebas dalam mengemukakan berbagai pendapat demi keyakinan-keyakinan yang ingin mereka sepakati bersama)
  • Anak didik dapat menjalankan kesepakatan kelas tanpa adanya tekanan
  • Terjalinnya komunikasi yang aktif antara Guru dengan murid
  • Anak didik dapat menjalankan keyakinan kelas dengan secara luas (di sekolah dan juga dirumah)

     

    Dampak dari Penerapan Aksi Nyata Keyakinan Kelas

  • Terciptanya sebuah komunikasi yang harmonis antara guru dan siswa. Hal ini dapat menjadi pengalaman baru bagi para siswa
  • Terlihat dan terasa adanya motivasi belajar dari siswa yang meningkat, sesudah mereka diajak dalam berdiskusi terkait dengan hal-hal positif, untuk dapat membangun budaya serta disiplin positif.
  • Pembelajaran yang berpihak langsung pada murid, tercipta dengan adanya keyakinan kelas yang sudah disepakati bersama dengan secara sadar serta terstruktur.
  • Siswa dapat mengenal jika konsekuensi bukanlah pada hukuman, namun akibat dari adanya tindakan yang tidak tepat dan telah melanggar keyakinan kelas bersama, dan guru mengajak para siswanya untuk mencari solusi secara bersama serta mengembalikan ke dalam nilai-nilai yang telah mereka yakini sebelumnya.
  • Terciptanya suasana belajar yang terasa menyenangkan, sebab setiap siswa memperoleh kesempatan yang sama untuk dapat belajar.

     

    Penutup

    Itu tadi pembahasan mengenai contoh keyakinan kelas di sekolah beserta cara membuatnya.

    Harapannya, contoh yang sudah Mamikos berikan di atas dapat menjadi sebuah referensi, atas keyakinan kelas yang akan kamu bentuk bersama dengan teman dan gurumu.

    Sebab, keyakinan kelas memang harus disepakati secara bersama tanpa adanya paksaan.

    Oleh karenanya, keyakinan kelas akan melibatkan semua anggota kelas, dan akan dibantu oleh guru dalam merumuskannya.

    Demikian pembahasan mengenai contoh keyakinan kelas di sekolah beserta cara membuatnya.

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GURU PENGGERAK

Kumpulan Aksi Nyata Pelatihan Mandiri

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1