Mulai dari Diri modul 3.2
Mulai dari Diri
Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah
atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah
tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Ekosistem sekolah adalah sebuah lingkungan yang terdiri dari manusia (guru, murid, dan pegawai sekolah) dan berbagai elemen fisik seperti gedung, taman, lapangan, dan fasilitas lainnya.
Terdapat dua interaksi dalam ekosistem sekolah yaitu lingkungan biotik dan abiotik. Biotik terdiri dari segala sesuatu yang hidup seperti sumber daya manusia, kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependidikan, dst. Sedangkan abiotik berkaitan dengan nonhidup, misalnya visi misi sekolah, kurikulum, faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dll. Kedua lingkungan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan belajar berbudaya positif.
Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber
daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal
yang kelihatan.
SDM yang cukup, dengan komposisi 24 guru, 5 tenaga pendidik, 15 pelatih dan 487 siswa
budaya sekolah yang dijalankan : mulai budaya 3S (sapa, salam dan senyum) , budaya masuk sekolah pukul 06.30 WIB untuk melakukan pembiasaan yang sudah terjadwal (Senin: Upacara bendera, Selasa : Bahasa Inggris / Literasi, Rabu : BahasaJawa/Keagamaan, Kamis : Budaya (tari Remo), Jum’at: senam bersama / bersih lingkungan).
Sekolah kami termasuk sekolah penggerak, Sekolah ramah anak, dan sekolah Adiwiyata
Refleksikan sosok pemimpin atau kepala
sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok
pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta
pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?
bapak kepala sekolah kami adalah orang disiplin, orang yang memiliki visioner ke depan, selalu menekankan pemberian pelayanan yang maksimal kepada siswa (student center), memaksimalkan sumberdaya dan potensi yang ada.
Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?
Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bisa memanagemen sekolah dengan baik, bisa menjadi contoh bagi anak buahnya, mempunyai rasa empati yang tinggi, mempunyai visi dan misi yang jelas dengan mengedepankan kebersamaan, memiliki jiwa bertanggungjawab dan sifat mengayomi kepada anak buahnya
Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan
Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran
lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?
Saat ini saya mempunyai peran sebagai wali kelas 1 dimana saya mempunyai tanggungjawab untuk mendampingi dan juga mengarahkan siswa-siswi saya.
Kondisi siswa kelas 1 yang beragam kemampuannya menuntut saya untuk lebih ekstra dalam membimbing mereka dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam dirimya.
Adanya forum komunikasi kelas sebagai ajang komunikasi dengan orang tua/wali murid untuk menarik benang merah antara pembelajaran di sekolah dengan di rumah.
Dalam kapasitas sebagai wali kelas, kami juga berperan aktif untuk menyampaikan program-program ungulan bapak kepala sekolah, dimana selain untuk menyampaikan progres perkembangan sekolah, sebagai juga sarana dan prasarana kami untuk mempromosikan sekolah.
Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
- Diri sendiri
- Murid
- Sekolah
Sebagai guru : dengan sumber daya yang saya miliki saya berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik buat siswa-siswi kami, juga dapat menularkan ilmu yang saya punyai kepada mereka
Murid : merasa nyaman, aman dan bahagia, dalam artian selama mereka menuntut ilmu di sekolah kita, segala potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi kami dapat kita maksimalkan, dapat kita tumbuh kembangkan sehingga kedepannya memudahkan mereka dalam mengarungi kehidupan dengan cara mudah mencari pekerjaan
Sekolah : bisa menjadi sekolah yang benar-benar dicintai dan diminati oleh warga masyarakat, sesuai dengan visi sekolah kami yaitu : Terwujudnya sumber daya manusia (lulusan) bertaraf dunia yang dilandasi iman dan taqwa serta keunggulan lokal, visi sekolah kami :
UNGGUL DALAM PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK, BERWAWASAN GLOBAL BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA
Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?
Dengan menyadari betapa banyak sumber daya yang dimiliki sekolah, tentu banyak harapan yang ingin kami capai setelah mempelajari modul ini. antara lain :
· Kami berusaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sebagai suatu kekuatan dan aset.
· Kami dapat memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.
· Kami dapat menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar
Komentar
Posting Komentar