Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.3
Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.3
COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK
Jurnal Dwi mingguan ini saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 2.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 2.3 ini dalam artikel ini dengan model refleksi 4P/4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:
PERISTIWA/FACT
Pembelajaran Modul 2.3 ini dimulai tanggal 21 Agustus 2023 dengan kegiatan pembelajaran 1 yaitu mulai dari diri (1JP), dalam fase pertama pembelajaran CGP diminta merefleksikan hal-hal yang terkait supervise akademik dan pengembangan kompetensi diri dengan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan Observasi akademik oleh kepala sekolah.
Kegiatan selanjutnya adalah pembelajaran 2.3.a.4.1 Eksplorasi Konsep dengan 4 materi yaitu mengenai Konsep Coaching secaraa umum dan konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan, Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching, Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagi Alur percakapan Coaching,
Supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching. Dilanjutkan dengan pembelajaran 2.3.a.4.5 Eksplorasi Konsep Forum diskusi yang mana setiap CGP memberikan pernyataan mengenai keterkaitan keterampilan Coaching dengan Supervisi Akademik dan CGP menanggapi jawaban dari minimal 3 CGP.
Pada Senin, 28 Agustus 2023 kami melaksanakan kegiatan Sinkronus pembelajaran 2.3.a.5 di ruang kolaborasi bersama Fasilitator kami Ibu Rofika dan rekan Calon Guru Penggerak Angkatan 8. Tugasnya adalah sesi Latihan praktik Coaching supervisi Akademik dengan teman 1 kelompok.
Pada Jumat, 29 Agustus 2023 kami dipertemukan Kembali dalam kegiatan 2.3.a.5.1 ruang kolaborasi 2 dengan kegiatan Praktik Coaching Supervisi Akademik dengan salah satu anggota kelompok yang sudah kami sepakati bersama, kebetulan saya berpatner dengan Bapak Sudarmadi dari SDN Morokrembangan 1 Surabaya dan selanjutnya rekaman hasil praktik diunggah dalam LMS.
Adapun tayangan dari praktek kami juga kami upload di link berikut:
TUGAS RUANG KOLABORASI MODUL 2.3
Dokumentasi dari kegiatan tersebut dapat dilihat dari koleksi foto kelompok kami
Tugas kami masih berlanjut di Pembelajaran 4 yaitu kegiatan Demonstrasi kontekstual. Yakni mebuat video terkait Supervisi Untuk Akademik bersama teman sesama CGP dimana dari kami ada yang bertindak sebagai Observer, Coach, dan Coachee.Sesi ini kami tergabung dalam satu kelompok yang beranggotakan 3 CGP yang lain yaitu Bapak Sudarmadi, Bu Nurul Ayni, dan Bu Ari. Selama pengambilan rekaman kami berganti ganti peran dengan pembagian sebagai berikut
Dari praktik tersebut kami upload di youtube dan unggah LMS
TUGAS DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 2.3
Selang beberapa hari berikutnya, yakni Jum'at, 1 September 2023 kami bergabung dalam pembelajaran 5 kegiatan 2.3.a.7.1 ruang elaborasi pemahaman bersama instruktur Bu Anastasia dengan didampingi oleh fasilitator, pengajar praktik, dan rekan CGP lainnya.
Kegiatan yang dilakukan adalah menyimak pemaparan instruktur, tanya jawab, dan memperdalam materi pembelajaran berdiferensiasi
Kegiatan modul 2.3 diakhiri dengan pembelajaran 7 kegiatan Aksi Nyata. Yang mana kegiatan tersebut diupload di Youtube dan diunggah pada LMS.
PERASAAN /FEELING
PEMBELAJARAN /FINDING
Mempraktikkan tiga kompetensi inti coaching: coaching presence, mendengar aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching, Menjelaskan jalannya percakapan coaching untuk membuat rencana, melakukan refleksi, memecahkan masalah, dan melakukan kalibrasi, Memberikan umpan balik dengan paradigma berpikir dan prinsip dan coaching, Mempraktikan rangkaian supervisi akademik yang berdasarkan paradigma berpikir coaching.
PEMBELAJARAN /FINDING
SEMOGA BERMANFAAT
Semoga kita senantiasa "Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan'. “Tergerak untuk melakukan perubahan. Bergerak tidak boleh pasif, harus selalu melakukan perubahan.
Komentar
Posting Komentar