Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1
Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1
ANALISIS KASUS 4
- Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?
Menurut saya paradigma yang terjadi yaitu jangka panjang lawan jangka pendek (short trem vs long term) dan juga paradigma individu lawan kelompok
Nilai-nilai cinta dan kasih sayang serta tanggung jawab. Bu Marina tidak tega melihat rekan kerjanya kehilangan pekerjaan di saat pandemi dan bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup TK dan kelompok bermain yang dipimpinnya
- Apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal).
Tidak terdapat unsur pelanggran hukum dalam situasi tersebut, hal ini dikarenakan pilihan antara belas kasihan terhadap SDM guru yang berisiko diberhentikan dengan tanggung jawab untuk kelangsungan masa depan TK dan kelompok bermain agar tetap bertahan pada masa pandemi.
- Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi).
Tidak terdapat pelanggaran atau kode etik dalam kasus ini.
- Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)
Intuisi saya terhadap situasi ini terdapat hal yang salah yaitu:
a) Yayasan mengambil keputusan dengan tidak melibatkan pimpinan sekolah sehingga menetapkan 5 dari 10 guru yang akan diberhentikan.
b) Diperlukan rapat anatar pihak yayasan dan guru untuk menyelesaikan permasalahan tersebut
- Apa yang Anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik atau menjadi viral di media sosial? Apakah Anda merasa nyaman?
Perasaan saya seandainya keputusan tersebut diviralkan ke media cetak/elektronik, saya akan merasa nyaman. Saya mengambil keputusan dengan dilatarbelakangi usaha untuk para guru tidak diberhentikan melalui nilai-nilai yang saya yakini. Saya telah melalui langkah-langkah pengambilan dan uji keputusan.
- Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?
Keputusan yang diambil panutan saya yaitu beliau akan menjadi coach yang baik dan dapat menghasilkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak. Keputusan akhir merupakan sikap tanggung jawab untuk keberlangsungan hidup guru dan sekolah
- Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?
Penyelesaian yang kreatif dapat melalui cara sebagai berikut:
· Pemetaan ulang kebutuhan operasional nonesensial yang masih bisa dirampingkan
· Menawarkan pemotongan gaji guru sesuai dengan kesepakatan pihak yayasan dan sekolah
· Menawarkan kepada orang tua murid untuk adanya keringanan biaya, supaya tidak memindahkan anknya ke sekolah lain
· Penciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan serta berpihak kepada murid dengan harapan kualitas sekolah semakin baik
- Apa keputusan yang Anda ambil?
· Keputusan saya yakni mengajak yayasan dan pihak sekolah untuk bermusyawarah dan mengomunikasikan kepentingan semua pihak sehingga bisa membuat kesepakatan yang berpihak pada murid berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal.
· Tetap mempertahankan para guru berdasarkan kebajikan yang telah disepakati
- Prinsip mana yang Anda gunakan, dan mengapa?
Prinsip yang saya gunakan adalah berpikir berbasis hasil (ends-based thanking), karena saya akan membuat keputusan yang baik untuk semua pihak. Para murid akan terpenuhi hak dan kebutuhannya dengan guru yang berdedikasi. Para guru terpenuhi haknya berdasarkan kesepakatan, dan pihak yayasan tidak perlu khawatir terhadap keberlangsungan masa depan sekolah.
Komentar
Posting Komentar