Eksplorasi Konsep - Modul 3.2

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 3.2



  1. Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka  faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?

Biotik terdiri dari segala sesuatu yang hidup seperti sumber daya manusia, kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependidikan, dst. Sedangkan abiotik berkaitan dengan nonhidup, misalnya visi misi sekolah, kurikulum, faktor keuangan, saran prasarana, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dll

  1. Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?

Kepala sekolah sebagai pemimpin dan pembuat keputusan di sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam mengelola ekosistem sekolah. Kepala sekolah harus mampu memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis asset.

  1. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah? 

Kepala sekolah selain mempunyai kemampuan membuat keputusan juga harus mempunyai kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan sumberdaya yang ada di sekolah secara efektif dan efisien

  1. Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?

Kepala sekolah bisa menggunakan pendekatan berbasis asset yang berfokus pada potensi sumber daya yang dimiliki oleh sebuah sekolah, memberdayakan aset yang dimilikinya, serta membangun keterkaitan dari aset-aset tersebut agar menjadi lebih berdaya guna

  1. Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Jelaskan!

Jika sekolah memanfaatkan sumber daya dengan maksimal maka akan sangat berdampak besar pada proses pembelajaran yang ada di sekolah tersebut. Karena bisa menfasilitasi pengembangan potensi yang ada dalam diri siswa yang sangat berguna bagi masa depannya.

 

  1. Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Jelaskan!

Pada hakikatnya kita sudah mengelola dan memanfaatkan sumber daya sekolah yang ada, namun kadang belum diterapkan secara maksimal dan konsisten

  1. Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?

Alternatif yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada adalah partisipasi aktif warga sekolah dengan memperkuat komitmen warga sekolah untuk saling bergotongroyong, membangun koneksi dan kolaborasi yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.

  1. Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?

Sekolah kami adalah sekolah penggerak, jadi pelatihan – pelatihan untuk pengembangan diri banyak diberikan dari instansi terkait.

Dari pelatihan – pelatihan tersebut bisa diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lima Negara Pendiri ASEAN

Kumpulan Soal Matematika Kelas 6 Kurikulum Merdeka Terbaru

DOKUMEN REFLEKSI TINDAK LANJUT PILIHAN BELAJAR PMM